h1

SBM ITB vs. Stanford University

October 19, 2008

School of Business and Management – Institut Teknologi Bandung

VS

Stanford University

 

 

 Stanford University adalah universitas di Inggris yang mempelajari tentang Creativity and Innovation, mengajari siswa untuk menumpahkan segala ide ke dalam suatu tulisan.

Di Indonesia ada sebuah universitas yaitu Institut Teknologi Bandung dimana terdapat satu fakultas yang mempelajari ilmu sosial yaitu fakultas bisnis dan manajemen. Di fakultas ini juga mempelajari tentang kreativifitas dan inovasi.

Berikut merupakan  beberapa perbandingan antara pelajaran Creativity & Innovation di Stanford University dengan School of Business and Management ITB. :

  Media pengerjaan tugas

Berdasarkan data yang ada, tugas yang diberikan oleh dosen di Standford University dan di SBM – ITB mempunyai kesamaan pengerjaan tugas yang diberikan yaitu menumpahkan segala ide kreatif, pengalaman, serta rencana – rencana di masa depan ke dalam suatu tulisan

Tapi dengan media yang berbeda

Stanford University – mahasiswa disediakan sebuah buku untuk menumpahkan apa yang ingin mereka tulis -tentu saja tidak  kasar dan tercela-

 SBM – ITB – dosen memberikan tugas dengan media sebuah situs blog yaitu “Wordpress”.

Project UTS dan UAS

Cara seperti ini – dilakukan kedua universitas- untuk memberikan nilai ujian kepada para mahasiswanya.

Hal ini akan mendatangkan sebuah ide yang terpusat dari ide beberapa orang di dalam kelompok. Project dari tugas ini tentunya berbeda, dimana Stanford University memiliki projectnya  pembuatan bisnis atau organisasi non – profit dan kemudian dipresentasikan tanpa dijalankan. *hal ini serupa dengan mata kuliah Integrated Business Experience, tahun ke 2, dan benar – benar dipresentasikan dan dijalankan* 

Project di SBM ini adalah ide kreatif tentang apapun dari mulai bisnis dan alat. Bisa disimpulkan bahwa cakupan antara kedua universitas ini berbeda dimana di SBM sendiri tidak mempunyai batasan dan di Standford University mempunyai batasan yang telah dibuat oleh pihak Stanford University.

Berikut adalah beberapa topik yang dibahas di Stanford dan tidak (atau mungkin belum) dibahas di SBM:

1. Creativity under Pressure

2. Innovative ways to Creative value

3. Weird Ideas that work

4. Managing creative organization

 

Stanford University mengajarkan “6 Hats” yang bermaksud untuk mengetahui cara berpikir kita. Semuanya diinterpretasikan dalam 4 warna yang berbeda.

Kesimpulan

Perbedaan dari Stanford University dan SBM terletak pada cara pengumpulan tugas dan project. Memang ada baiknya kita mencontoh universitas ini, namun tetap kita mengubahnya sejalan dengan ide kreatif lain yang mungkin akan timbul dan menyesuaikan dengan kebudayaan kita.

Advertisements

2 comments

  1. Perbandingan yang bagus!

    Teruslah menulis kawan…


  2. Stanford University adalah universitas di Inggris???
    Bukannya stanford di Amrik? 🙂



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: